-->

Contoh Proposal Magang OJK (Otoritas Jasa Keuangan) [lengkap]

Proposal magang OJK (Otoritas Jasa Keuangan), berikut akan kami tamapilan contoh proposal magang di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dan untuk versi lengkapnyadari Contoh Proposal Magang  OJK ini silahkan klik link yang telah kami sediakan di bawah.Berikut contoh proposal magang di OJK (Otoritas jasa keuangan) :

PROPOSAL MAGANG
MAHASISWA JURUSAN PERBANKAN SYARIAH (S1)
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI BANJARMASIN


LATAR BELAKANG

Tujuan Pendidikan Tinggi Ekonomi dewasa ini lebih mengarah kepada Profesional Economic and Bussines School. Oleh karena itu upaya untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan mahasiswa sudah tidak dapat di tunda lagi.

Peningkatan kemampuan profesional mahasiswa pada gilirannya akan dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing lulusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Antasari, baik pada tingkat regional, nasionla, maupun global.

Program sarjana (S1) sejatinya dibentuk dengan tujuan menghasilkan sumber daya manusia yang siap pakai dan ahli di bidangnya serta tanggap terhadap perubahan disegala bidang kehidupan, namun pada kenyataannya, banyak dijumpai lulusan dari perguruan tinggi mengalami kesulitan dalam menghadapi praktek yang ada dalam dunia usaha/dunia kerja. Hal ini disebabkan karena kurang siapnya lulusan tersebut dengan fakta di lapangan yang ternyata jauh berbeda dengan apa yang diterima selama masa perkuliahan. Kurangnya bekal teknikal yang dimiliki oleh mahasiswa dapat mengakibatkan sumber daya manusia yang dihasilkan kurang mempunyai kualifikasi dan kompetensi seperti yang diinginkan oleh dunia usaha/dunia kerja.

Setelah menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah, mahasiswa akan menghadapi tahapan yang baru yaitu dunia kerja. Dalam dunia kerja tersebut, mahasiswa dituntut untuk mengaplikasikan teori-teori yang didapat selama perkuliahan menjadi praktik langsung. Dalam proses aplikasi teori menjadi praktik tersebut, mahasiswa harus mempunyai skill yang sesuai dengan kebutuhan usaha/dunia kerja. Oleh karena itu, program Mata Kuliah Praktikum B (Magang) merupakan salah satu mata kuliah yang disediakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin. Dengan kualifikasi mencakup 3 Sistem Kredit Semester (SKS), setiap mahasiswa akan mendapatkan manfaat yang sangat besar dengan mengambil mata kuliah Praktikum B (Magang) setelah terjun langsung ke dunia kerja.

Melalui partisipasi dalam program mata kuliah Magang tersbut, diharapkan mahasiswa memiliki gambaran yang jelas mengenai situasi dan kondisi dunia kerja secara nyata. Hal ini sangat penting terlebih lagi di era modern seperti saat ini, yang mana persaingan pekerjaan sangat ketat. Dengan ini mahasiswa dapat mengukuran kemampuan mereka dan dapat memperbaiki diri menjadi lebih kompetitif dan potensial. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam beradaptasi dengan lingkungan dunia kerja yang sangat berbeda dengan kehidupan kuliah, agar menjadi sumber daya manusia yang kompeten dan mempunyai dibidangnya.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka penulis sebagai mahasiswa semester 5 pada Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, memilih (OJK) OTORITAS JASA KEUANGAN REGIONAL 9 KALIMANTAN sebagai tempat yang sangat relevan untuk melaksanakan kegiatan Magang.

Salah satu partisipasi dunia usaha/dunia kerja dalam mendukung mewujudkan sumber daya manusia yang siap pakai, ahli, dan tanggap adalah memberikan kesempatan untuk melaksanakan Magang di lingkungan dunia usaha/dunia kerja secara langsung. Dengan dukungan tersebut diharapkan dapat membantu mempersiapkan mahasiswa sebagai sumber daya yang :


goresantanganbangjai.blogspot.com
Kegiatan di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Baca Juga : 



  1. Mampu mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya di bangku perkuliahan secara langsung ke dunia usaha/dunia kerja.
  2. Melatih mahasiswa untuk berpikir secara komprehensif dalam mengenali dan mengatasi permasalahan yang kompleks dan dinamis yang timbul dalam dunia usaha/dunia kerja.
  3. Memberikan gambaran nyata mengenai situasi dan kondisi permasalahan yang sesungguhnya terjadi di dunia industri, dimana selama ini mahasiswa hanya memperolehnya secara teori dari bangku perkuliahan.
  4. Menambah pengalaman dalam dunia usaha/dunia kerja yang sesungguhnya, sehingga setelah menyelesaikan studinya, mahasiswa memiliki bekal yang memadai untuk memasuki dunia usaha/dunia kerja.

Jurusan S1 Perbankan Syariah sebagai jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, merupakan program yang bertujuan untuk menghasilkan seorang praktisi Perbankan yang profesional, memiliki integritas dan beperan aktif dalam Perbankan Syariah di Indonesia. Untuk mencapai hal tersebut maka ilmu dan keterampilan yang didapat dibangku kuliah harus mampu diterapkan dalam kehidupan nyata. Untuk itu diperlukan adanya kegiatan magang yang langsung terjun ke lapangan atau masyarakat.

TUJUAN KEGIATAN

Adapun yang menjadi tujuan kegiatan Magang Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Kalimantan adalah :
  1. Meningkatkan hubungan kerjasama yang baik antara Perguruan Tinggi Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Perbankan Syariah dengan berbagai instansi, khususnya Lembaga Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Kalimantan (OJK).
  2. Mengetahui struktur kepemimpinan dan manjemen besertra pembagian tugas pada setiap bidang di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Kalimantan (OJK) secara umum, dan bidang penempatan magang secara khusus (dengan cara ikut serta/masuk dalam kegiatan operasional bidang/bagian tersebut)
  3. Mempelajari secara lebih mendalam mengenai dinamika Perbankan di Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya, sehingga menjadikan Bank sebagai media pembelajaran yang komprehensif.
  4. Sebagai upaya penyelarasan antara penyelenggaraan aktifitas akademik di kampus dengan realitas dan kebutuhan dunia nyata di luar kampus.
  5. Sebagai trategi pemberdayaan mahasiswa melalui pengayaan wawasan dan peningkatan kompetensi dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan yang memiliki daya saing dan kemampuan untuk tumbuh menjadi wirausaha mandiri.
  6. Setelah menyelesaikan pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, diharapkan mahasiswi dapat memiliki persiapan untuk siap bersaing dalam menghapi situasi persaingan di lingkungan kerja.
  7. Sebagai persyaratan untuk pemenuhan Praktikum B (Magang) Jurusan Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

Baca Juga : 


MANFAAT KEGIATAN

Bagi Mahasiswa
  1. Mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang didapat pada perusahaan.
  2. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan mahasiswa.
  3.  Menambah wawasan dan pengalaman selaku generasi muda yang dididik untuk siap terjun langsung di masyarakat khususnya di usaha/dunia kerja.
  4. Menyiapkan diri untuk menghadapi persaingan dan tanatangan dalam menghadapi permasalahan yang timbul di dunia perusahaan.
  5. Bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  6. Sebagai bahan masukan dan evaluasi program pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin untuk menghasilkan tenaga-tenaga terampil sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  7. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan dunia usaha/ dunia kerja, khususnya dengan Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Kalimantan.
  8. Mempersiapkan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi wirausaha mandiri
  9. Sarana pengenalan dunia perbankan kepada mahasiswa agar dapat mengaitkan ilmu yang diperoleh di kampus dengan di dunia kerja.

Bagi Otoritas Jasa Keuangan
  1. Sarana mengetahui kualitas pendidikan di perguruan tinggi negeri, khusunya Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.
  2. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga pendidikan tinggi, dalam hal ini Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.
  3. Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman praktis di bidang keuangan dan akuntansi.
  4. Sebagai sarana untuk memberikan pertimbangan dalam menentukan kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan oleh instansi, dilihat dari segi sumber daya manusia yang dihasilkan lembaga pendidikan tinggi.
  5. Membantu tugas dari karyawan instansi atau perusahaan dalam bidang yang berhubungan dengan pekerjaan yang bersangkutan.


WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Permohonan Magang di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Kalimantan ini, akan dilaksanakan pada :

Waktu     : 14 Januari – 28 Februari 2019
Tempat   : Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Kalimantan
Alamat  : Jl. Jendral. A. Yani No.KM 5,5, Pemurus Luar, Kec. Banjarmasin Timur., Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70249

Adapun waktu pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan/magang tersebut dapat disesuaikan dengan kebijakan dari pihak Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Kalimantan.

BENTUK DAN JADWAL KEGIATAN MAGANG

Permohonan rencana kegiatan magang di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 9 Kalimantan menurut waktu yang telah ditetapkan. Dalam proses magang di Otoritas Jasa Keuangan, kami ingin mengetahui secara langsung tugas dan kinerja dalam kegiatan operasional Otoritas Jasa Keuangan secara rutin pada hari-hari kerja selama rentan waktu yang telah ditetapkan sebagai bahan perbandingan terhadap apa yang telah kami terima dalam perkulihan.

Oleh karena itu, sebagai wujud nyatanya kami ingin terjun langsung dalam proses Operasional OJK sehingga kami dapat mengetahui secara nyata bagaimana bentuk dunia kerja sebenarnya, khususnya terhadap hal-hal yang berhubungan dengan disiplin ilmu yang kami pelajari. Tabel Rencana Kegiatan terlampir (Lampiran I).

Permohonan rencana magang diatas tentu saja atas persetujuan yang disesuaikan dengan kebijakan yang berlaku di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Kalimantan.

PELAKSANA KEGIATAN MAGANG

Sebagai pelaksana dalam Praktek Kerja Magang ini adalah :
Nama               : ISI NAMA ANGGOTA MAGANG DI OJK
Jurusan            : Perbankan Syariah
Program Studi : S1 Perbankan Syariah
Fakultas           : Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
Semester          : V (lima)

Curiculum Vitae dan Transkip Nilai Pelaksana Terlampir (Lampiran II dan Lampiran III)


MINAT AREA KERJA MAGANG

Dari uraian diatas dapat terlihat bahwa pelaksana dalam pelaksanaan dalam pelaksanaan praktik kerja magang tertarik pada bidang perbankan, khususnya dari sisi pengawasan perbankan yang mana juga disesuaiakan dengan bidang yang dikuasai dan teori-teori yang telah dipelajari sebelumnya.

LINGKUP MATERI MAGANG

Selama melaksanakan praktik kerja magang di Otoritas Jasa keuangan (OJK) Regional 9 Kalimantan, bila diperlukan kami ingin mempelajari tentang hal-hal antara lain sebagai berikut :

  1. Gambaran umum tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  2. Perbankan dan manajemen internal
  3. Sistem pengawasan perbankan

Tentu saja materi-materi tersebut, atas persetujuan yang disesuaiakan dengan kebijakansanaan yang berlaku di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Kalimantan.

PENUTUP

Pelaksanaan kegiatan Magang ini diharapkan bermanfaat bagi mahasiswa, lembaga pendidikan tinggi, dan dunia usaha/ dunia kerja. Bagi mahasiswa, Magang bermanfaat untuk memperoleh pengalaman praktis dan mengevaluasi kesesuaian pengetahuan yang diperoleh selama kuliah. Bagi lembaga pendidikan tinggi, program Magang bermanfaat untuk mengevaluasi kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan dunia usaha/ dunia kerja ataupun mempersiapkan calon lulusan sebagai wirausaha mandiri. Bagi dunia usaha/ dunia kerja, program Magang bermanfaat untuk memberikan kesempatan mahasiswa memperoleh pengalaman praktis.

Saat Kegiatan Magang nanti kami bersedia mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Kalimantan. Kami berharap selama pelaksanaan Magang, bimbingan, supervisi, dan evaluasi dapat kami peroleh untuk memperbaiki kinerja akademik di masa mendatang.

Kami berharap pelaksanaan program Magang nantinya dapat bermanfaat bagi semua pihak, sehingga terjalin kerjasama yang baik serta berkelanjutan antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin dan Otoritas Jasa Keuangan Kalimantan. Demikian proposal ini kami ajukan, atas bantuan dan bimbingan dari Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Kalimantan, kami ucapan terima kasih.

Banjarmasin, 12 November 2018
Ketua Kelompok

Berikut Link Download versi lengkap Proposal Magang OJK (Otoritas Jasa Keuangan) :



Itulah contoh proposal magang di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) semoga memberikan maanfaat. dan berikut link untuk mendownload versi lengkap dari proposal magang OJK.



Contoh Proposal Magang OJK (Otoritas Jasa Keuangan) [lengkap]