-->

Contoh Laporan Magang

Contoh Laporan Magang - Kali ini saya ingin memposting Laporan Magang dan sebelum masuk pada contoh laporan magang yang kami kirim ke Bank Indonesia Kalsel, disini sedikit akan saya jelaskan secara singkat Apa Itu Magang atau sering kita kenal dengan PPL (Praktik Kerja Lapangan).


Apa itu Laporan Magang/ Laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan)


Laporan adalah suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban, dalam hal ini laporan magang yang di minta pihak kampus ataupun sekolah biasanya dalam bentuk tulisan (dokumen) namun secara umum laporan bisa dalam bentuk lisan maupun tulisan. Laporan magang sendiri merupakan bentuk penyampaian atau laporan hasil kegiatan selama melakukan magang yang dibuat dalam bentuk tulisan sebagai bukti telah mennyelesaikan kegiatan magang pada perusahaan atau instansi tertentu. Dan berikut contoh laporan magang pada Bank Indonesia.


LAPORAN MAGANG 

Baca Juga : 


Bank Indonesia menyediakan program khusus untuk semua mahasiswa untuk melakukan kegiatan magang, tidak hanya terbatas bagi mahasiswa yang Ekonomi saja tetapi secara umum tergantung kebutuhan pihak BI sendiri. Ya, meskipu saya pribadi merupakan mahasiswa ekonomi sih, tapi menurut cerita pihak BI-nya sendiri juga memang ada kok mahasiswa yang bukan dari ekonomi magang di sana. Jadi bagi teman-teman yang lagi mencari tempat magang dan bukan dari ekonomi coba aja Aplly di BI kali aja dapat panggilan. 

Proposal magang OJK (Otoritas Jasa Keuangan), berikut akan kami tamapilan contoh proposal magang di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dan untuk versi lengkapnyadari Contoh Proposal Magang  OJK ini silahkan klik link yang telah kami sediakan di bawah.Berikut contoh proposal magang di OJK (Otoritas jasa keuangan) Baca Selengkapnya >>

Panjang lebar saya jelaskan tentang laporan dan peluang magang di Bank Indoensia, oh iya, sebelumya saja juga sudah menulis tentang contoh proposal magang di Bank Indonesia dan sekarang mari kita masuk pada contoh penulisan laporan magang. Laporan ini berupa themplete dasar ya, jadi bisa teman gunkan untuk segala jenis laporan baik itu magang di Bank Indonesia itu sendiri atau Bank-bank pada umunya dan instansi lain. 

Laporan Magang 


Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa laporan magang merupakan bentuk penyampian hasil kegiatan yang harus ditulis guna memenuhi syarat lulus matakuliah magang dan berikut sususan dalam penulisan laporan magang. Berikut saya lampirkan contoh lengkap laporan magang, Laporan magang ini meruapak hasil laporan yang kamis susun sendiri dan kebetulan pada waktu itu kami mendapat kesempatan untuk magang di Bank Indonesia. 
 
Link download laporan magang lengkap BI Provinsi Kalimantan Selatan :


Struktur Penulisan Laporan Magang


BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan Penulisan
B. Manfaat Penulisan

Pada bab I seperti yang sudah saya tulisan di atas meliputi; latar belakang, tujuan dan manfaat. Latar belakang dalam laporan magang biasanya memuat tentang hal-hal yang melatar belakangi kita mengangkat tema atau satu topik yang akan di tulis dalam laporan magang, itu untuk laporan magang yang berencana mengangkat satu pembahasan khusus tidak hanya tentang jurnal harian atau kegiatan saat magang saja. Itu bisanya tergantung permintaan dosen, tapi kebanyakan dosen hanya memerlukan laporan harian dan jika itu yang di minta maka bauat saja latar belakang yang tidak jauh berbeda dengan proposal magang. 

*Tips untuk laporan magang yang membahas satu tema khusu : perbanyak baca jurnal atau publisan dari tema yang akan diangkat, setidaknya memberikan kita informasi tambahan untuk membuat latar belakang. Tidak masalah jika banyak sekali kutipan. 

BAB II GAMBARAN UMUM LEMBAGA
A.  Sejarah Lembaga
B. Struktur Lembaga
C. Hal-hal lainya yang serasa penting untuk di-masukkan

Ini bagian temudah dalam pembuatan laporan magang, di sini kita hanya perlu memasukan tentang gambaran umum lembaga tempat kita magang, jika kita magang di BI maka carilah referensi yang membahas tentang BI biasanya agak sangat mudah ditemui di website resminya, disana informasi apa saja bisa kita dapatkan, eh, sebenarnya tidak apa saja sih. Dan bisa juga dari buku-buku terkait yang relevan, buku-buku tentang BI juga sangat mudah ditemukan, di setiap BI corner biasnaya ada beberapa buku yang membahas tentang Bank Indonesia. Apabila magang di instansi lain bisa lihat referensi yang berhubungan. 

BAB III METODE PELAKSANAAN MAGANG
A. Aktivitas Magang

Pada bab ini teman-teman bisa menuliskan tentang aktivitas salama magang baik itu tugas-tugas yang dikerjakan atau kepada hal-hal yang mendasar seperti pembagian tugas, penempatan tugas untuk setiap devisi, bahkan sistem pemberian pekrjaan. Uraian tugas juga tidak kalah penting untuk dimasukkan pada bagain ini. Teman bisa masukkan apa saja yang berkaitan tentang pelaksanaan magang yang dirasa teman-teman penting.

BAB IV PELAKSANAAN KEGIATAN MAGANG
A. Laporan Kegiatan Harian
B. Jurnal Harian

Pelaksanaan kegiatan magang, pada bab ini teman-teman bisa langsung input laporan harian yang sudah dibuat serta jurnal harian yang sudah di tanda-tangani. *tips saran saya teman-teman magang harus rajin bikin jurnal harian, walaupun tidak secara serius ngetik di laptop setidaknya teman-teman bikin catatan agar tidak kerepotan nantinya saat penyususan laporan magang. Hal ini sering terjadi padahal membuat catatan merupakan hal yang sepele dan tidak memakan waktu.

BAB V PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran

Kabar gembira kita sudah berada pada bagian akhir penulisan laporan, seperti pada umunya pada bab akhir kita diharuskan menuliskan tentang simpulan dan saran. untuk saran sendiri bisa merupa saran yang membangun entah tentang kegiatan magang atau tentang masukan untuk permasalahan yang teman-teman jumpais saat melakukan magang. bisa juga ditambahkan point C yaitu kesan.

Oh, Iya, jagan lupa untuk melampirkan dokumentasi. Ini penting, loh, karena akan membaut laporan menjadi cantik hehe gak saya becanda, untuk dokumentasi sendiri merupakan keharuasn sebagai validasi dari laporan atau jurnal harian yang kita tulis dalam laporan magang.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai pengertian laporan dan laporan mangang, steruktur susunan pembuatan laporan magang dan juga contoh sederhana laporan magang Bank Indonesia disertai dengan link download laporan magang. dan baca juga kisah pengalaman magang saya di Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan : Cerita Magang di Bank Indonesia. 

Contoh Laporan Magang