-->

Bagaimana Cara Magang di Bank Indonesia

Magang atau juga sering dikenal dengan sebutan PPL (Praktik Kerja Lapangan) merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh Mahasiswa/i. Merupakan hal  yang sekarangpun saya lakukan.  Yup sekarang saya magang atau PPL, tempat saya megang yakni Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan.
Tentunya di postingan kali ini saya akan menceritakan semua pengalaman magang di Kantor Perwakilan  Bank Indonesia Kalsel.

Baca Juga :

Cara magang di Bank Indonesia


Sama hal-nya seperti magang di lembaga-lembaga lain tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi mahasiswa sebelum medaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan magang di Bank Indonesia.

1. Proposal
2. Surat Pengantar Jurusan
3. Surat Permohonan Magang 
4. Transkip Nilai
5. CV
6. Fotocopy Kartu Mahasiswa (KTM)

Secara umum prosedur program magang di BI, setidaknya permohonana magang atau PKL di Bank Indonesia diajukan 2 sampai 3 bulan sebelum waktu pelaksanaan, namun tidak menutup kemungkina kurang dari pada itu, tetapi disini Bang Jahe sarankan mengikuti apa yang disarankan oleh Bank Indonesia dan juga menghindari kehabisan kuota, karena tidak jarang magang di Bank Indonesia antreannya sangat panjang.  

Kegiatan magang bersifat perorangan atau kelompok, biasanya dalam satu gelombang pihak BI hanya menerima 4 samapai 6 mahasisa/pelajar magang saja, tapi tidak menutup kemungkinan lebih dari pada itu. Jadi saran Bang Jahe kalo mau berkelompok buat kelompok 3 atau 4 orang itu cukup. 

Untuk waktu pelaksanaan magang sendiri Bank Indonesia hanya memberikan waktu tidak lebih dari 1 bulan, bisa kurang tapi tidak bisa lebih. Jadi, apabila kampus teman-teman mewajibkan melaksanakan kegiatan magang selama 2 bulan maka cari 2 tempat magang, bisa di Bank Indonesia dan OJK atau lembaga lainya.  

Lowongan Magang Bank Indonesia


Setiap semester-nya Bank Indoensia membuka lowongan magang bagi siapa saja yang ingin melakukan kegiatan magang di Bank Indonesia karena Bank Indonesia mempunyai sebuah program yang mempersilahkan dan membuka kesempatan bagi mahasiswa/pelajar yang ingin melaksanakan program magang (Praktik Kerja Lapnagan/PKL) di Bank Bank Indonesia.

Tujuan Bank Indonesia Memberi Kesempatan Magang Bagi Mahasiswa/Pelajar


Program magang tersebut dimaksudkan untuk memberi tambahan wawasan kepada mahasiswa/pelajar tentang kegiatan Bank Indonesia yang menjalankan tugasnya sebagai Bank Central. Kegiatan magang yang di berikan Bank Indonesia tidak terbatas hanya untuk mahasiswa/pelajar yang berkuliah di fakultas ekonomi saja tetapi terbuka umum untuk mahasiswa/pelajar yang ingin menggali wasan tentang ekonomi makro dan tugas yang diemban Bank Indonesia sebagai bank central.

Gaji Magang di Bank Indonesia


Bank Indonesia tentunya memberikan gaji, sebenarnya Bang Jahe agak kurang setuju sih jika di sebuat gaji kurang enak aja gitu, tapi kalo teman-teman mau tau juga ni yah, berapa gaji yang diberikan Bank Indonesia kepada mahasiswa magang. Jadi menurut pengalaman saya pribadi magang di Bank Indonesia memang di berikan gaji atau mereka sebutnya sebagai ganti uang bensin karena memang tidak sebarpa, tapi ya memang tujuan kita tidak untuk gaji juga kan, jadi-nya berapun itu ya pasti disyukuri. Kalo tidak salah waktu itu sekitar Rp. 25.000,00 untuk satu hari. Dan juga masih banyak keuntungan lainya yang kita dapat saat magang di Bank Indonesia. Nanti akan Bang Jahe basas di lain waktu.


Bercerita sedikit tentang BI Kalsel yang sekarang sudah naik peringkat yang dulunya peringkat B sekarang sudah naik menjadi peringkat A. Apa artinya? Oke disini akan coba saya jelaskan menurut sepemahaman saya, ya.

Dari informasi yang saya dapat dan  bersumber dari  salah satu pegawai  BI Kalsel. Perubahan  tersebut membuat perubahan status BI Kalsel, yang sebelumnya adalah  sebagai KPw BI Provinsi Kalsesl sekarang menjadi KPW BI Koordinasi Wilayah Kalimantan. Jadi, dapat saya simpulkan BI Kalsel menjadi Koordinasi Bagi KPw-KPw BI Yang ada di seluruh kalimantan, termasuk BI di Kaltara yang merupakan KPw BI termuda.


Baca Juga : 


Pengalaman  Magang di Bank Indonesia (Kalsel)


Hari pertama kami magang adalah tagl 10 Juni 2019, yup beberapa hari setelah lebaran dan kami lihatpun Gedung BI masih terbilang sepi, karena masih ada beberapa Karyawan BI dalam masa cuti lebaran. Di hari pertama tidak banyak yang dapat kita lakukan karena awal masuk kerja entah buat kami ataupun bagai pegawai BI Kalsel tentunya, karena baru saja libur lebaran yang cukup panjang.

Pada hari pertama tidak banyak yang kami lakukan, setlah menunggu intruksi sambil duduk-duduk di sofa Perpustakaan BI, dan kami di arahkan oleh mbak-mbak menuju ruangang tempat kami bekerja. ruangan yang cukup luas dengan beberapa kursi empuk dan sebuah meja besar dengan bentuk persegi panjang. Cukup mewah dan enak untuk beralama-lama di dalamnya.

Setelah mendapatakan tempat duduknya masing-masing kamipun diberi klasing mengenai struktur kepemimpinana yang ada di Bank Indoensia Kalsel dan juga tentang tugas dari masing-masing tim, yang nantinya akan kami tempati.

Pengalaman hari pertama tidak berakhir sampai di situ saja, setelah medapatkan manteri klasing yang cukup panjang dan banyak,  jujur cukup membuat saya bingung dengan tugas dan fungsi dari masing-masing tim yang di jelaskan kak Dewi yang merupakan anggota  dari Fungsi Koordinasi Komunikasi dan Kebijakan (FKKK). Setelah mendapatkan materi kelasing yang cukup panjang tersebut kamipun di arahkan untuk ikut bantu bersih-bersih ruangan lantai 4 di mana kami akan di tempatkan nantinya. Bersih-bersih yang kami lakukan seperti; memindahkan berkas, buku dan segala macamnya.

Mungkin terdengar pekerjaan berat dan melelahkan dan mungkin juga ada yang berpikir ngapain mgang/PPL di BI kalo ujung-ujungnya harus bersih-bersih. 'Kan  sudah kami bilang itu di hari pertama dan lagian dengan melakukan kerja bakti ikut bantu-bantu kita bisa lebih kenal dengan Pegawai BI-nya bisa ngobrol-ngobrol bahkan bisa baca-baca berkas yang tidak mungkin bisa kita temukan di google atau tempat laian. hihi serukan.

Itu baru di jam pertama dan ternyata setelah jam ke-2. Setelah jam makan siang dan istirahat berakhir kami sudah di bagikan surata penempatan. dan kebetulan sekali aku di tempatkan di lanatai 4 di bagian FKKK (Fungsi Koordinasi Komuniskasi dan Kebijakan). dan di bantu oleh Ka Harfin yang juga merupakan orang yang bertugas menerima mahasiswa banyak.

Di hari pertama itu banyak hal yang saya dapat terutama di bagian FKKK, FKKK sendiri meruapakan Bagaian dari Tim Pengembangan Ekonomi (Tim PE). Tim PE sendirir terdiri dari beberapa fungsi di anataranya : FKKK (Fungsi Koordinasi Komunikasi dan Kebijakan) dan FPPU (Fungsi Pelatihan Pengembangan UMKM).

Link download Proposal Magang Lengkap BI Provinsi Kalimantan Selatan  :
Jika masih ada yang mau ditanyakan bagaimana magang di BI Kalsel silahkan tulis di kolom komentar, ya. Pasti saya jawab kok.
Okay, mungkin itu saja cerita untuk Magang Hari Pertama, jika ada salah khilaf mohon maaf. 

Baiklah itu dia tadi penjelasan singkat tentang bagaimana cara magang di Bank Indonesia, persyaratan magang di Bank Indonesia, kesempatan magang atau lowonagan magang  di Bank Indonesia serta gaji yang di berikan Bank Indonesia, cukup sampai disini jangan lupa share dan comment. 

Bagaimana Cara Magang di Bank Indonesia
  1. Apakah untuk mengajukan proposal magang harus nunggu ada pengumuman dulu atau langsung kirim aja ke bank nya langsung atau lewat email?

    ReplyDelete