-->

Cerpen Ulangan Semester

Gambar Ilustrasi (google.com)

Cerita ini merupan cerita lama yang mana saya angkat dari pengalam pribadi dan sedikit dikasih bumbu-bumbu penyedap heheh :), disni saya menceritakan diri saya sendiri yang mana pada waktu itu sudah masuk musim ulanagn semeter dimasa SMP saya. Bukan tanpa halanagan malah buanyak sekali halangan yang saya dapatkan, mulai dari kurangnya memahami pelajaran sampai dengan teman-teman yang kocak abis saat mengerjakan soal dan .... dari pada penasaran langsung baca aja.....!


Ulangan Semester

Minggu demi minggu kami lalui, bulan dan bulan berjalan dengan cepat, mengarahkanku dan siswa-siswi lainnya menuju hari dimana kami harus menguji hasil belajar kami selama 6 bulan yang lalu. Tepatnya minggu depan, hari dimana dimulainya ulangan semester ganjil (pertama). Otomatis semua murid dalam beberapa hari yang tersisa ini berusaha dengan keras belajar atau bahkan sekedar mempersiapkan materi buat mereka pelajari untuk ulangan nanti. Kulihat, indah juga sangat sibuk bolak balik kantor, entah apa yang dia lakukan. Sebagian orang agak kurang bersahabat dengan guru, tapi sangat berbeda dengan indah dan temannya lucy, mereka sangat dekat dengan beberapa guru. Akupun tidak mau kalah dengan murid-murid lainya, aku berusaha keras memaksakan otakkku untuk memahami rumus-rumus atau angka-angka dari pelajari matematika, yang kurang aku sukai. Entah kenapa ni satu matapelajaran sangat susah aku pahami, untung kalau bisa paham malah terkadang aku gak ngerti sama sekali apa yang guruku jelaskan. Pelajaran matematika diujikan pada hari senin, jam pertama. Maka dari itu aku fokusnya ke matematika dulu.

Hoah, masih ngatuk. Tadi malam emang aku tidur jam berapa ya. Hari ini hari minggu entah apa yang harus aku lakukan, belajar, ah tadi malam udah begadang. Okay jalan-jalan aja deh buat nenangin otak, kan besok otakku mau dipakai buat berpikir keras. Mbakku ngajak aku buat joging seperti biasa, namun kali ini nampaknya aku boleh menolak ajakannya. Entah mungkin dia paham dengan apa yang aku rasakan padda saat ini. Tapi aku binggung aku harus refreshing kemana. Masa cuman dengan liatin daun sawit goyang-goyang karena ditiup angin saja aku bisa merasa lebih fresh, hem, tapi kayanya ada juga pengaruhnya, walau engak terlalu berpengaruh. Angin yang sejuk berhembus dengan lembut, sinar hangat dari matahari yang masih malu-malu untuk menampakkan keindahan sejatinya, rumput-rumput bergoyang dengan indah, dan burung-burung bercikau keras saakan memberikanku semangat untuk menghadapi ulangan besok.

Menikmati keindahan dan ketenangan ini, membuatku lupa waktu, tidak terasa udah pukul 10 pagi. Perutku terasa lapar, jelas banget akukan dari pagi-pagi buta banget nongkrong disini, aku harus mengisi perutku dengan sesuatu yang sedikit mengenyangkan. Tercium aroma sedap dari dapur. Kayaknya udah siap nih, nyam nyam, masakan mbakku gak adda duanya. Hehehehe. Setelah perutku terasa sedikit kenyang, akupun beranjak dari meja makan menuju kamar. Tidak salah apa kata orang lau habis makan pasti dah bawaannya ngantuk. Udah jelas tujuanku kekamar buat apa, yaitu tidur siang. Tapi rencanaku buat tidur siang malah gak jadi karena, aku kepikiran buat belajar lagi. Ya udah deh, kan refreshingnya udah tadi pagi, jadi otakku mungkin udh siap lagi buat mengingat angka-angka yang agak memusingkan ini. Beberapa jam sudah berjalan. Tapi aku rasa tidak ada peningkatan, aku cuman bisa menguasai beberapa materi saja, entah ini cukup apa enggak buat memenuhi nilai standar. Ah moga aja cukup, setidaknya pas-pasan gak papa deh.

Semoga aja ulanganku pada hari pertama ini sukses dan semoga apa yang sudah aku pelajarin tadi malam semuanya bisa aku ingat, amien. Ku ayunkan kakiku menuju sekolah yang sudah beberapa bulan aku tempati. Melewati jalan yang sudah tidak asing lagi bagiku, bertemu teman-teman entah itu satu tingkat atau beda tingkat. Sekolahku sudah terlihat dari arah jalan yang aku lalui, terlihat jelas anak-anak yang lainnya sudah bersiap-siap menuju kelas mereka masing-masing. Akupun bersegera menuju kelas dimana namaku sudah tertera disana. Ah ternyata aku duduk berdampingan dengan kakak kelas dan kakak kelasnya cewek lagi heheh.

Hari ini semua siswa terlihat lebih awal datangnya, mungkin tujuannya biar bisa belajar lagi disekolahan. Terasa agak lama menunggu datangnya waktu ulangan dimulai, aku sangat khawatir sekali kalau-kalau semua yang sudah aku pelajarin tadi malam malah lupa, gara-gara terlalu lama menunggu. Dep, degup jantungku seakan memompa lebih cepat darah, ketika telingaku mendengar bunyi bel masuk berbunyi. Entah apa yang terjadi padaku semuanya jadi sunyi, kaku, dan bisu. Padahal sebelumnya aku menunggu hal itu.

Pengawas diruanganku hari ini bapak Abhari guru “PKN” disemua kelas. Beliau engak terlalu jahat kalu ngawas ulangan, itu juga kata kakak kelas yang duduk disebelahku, moga aja benar. Setelah kami selesai berdo’a, beliaupun langsung membagikan kertas ulangan. Aku kemabali melakukan do’a sendiri, setelah selesai aku langsung mengisi nama, kelas, dan yang lainnya di LJK (Lembar Kerja Siswa). Soal-soalnya tidak jauh berbeda dengan apa yang aku pelajari tadi malam, cuman. Iya cuman ada sedikit masalah, aku jadi binggung cara ngerjakannya.  Aduh gimana nih, padahal tadi malam aku sudah baca materi tentang soal yang sama persis dengan yang no 1 ini tapi, kok gak ada yang nyangkut. Duh jadi tambah bingung, Mau Tanya sama teman, tapi aku sudah janji sama diriku sendiri kalau aku gak mau nyontek. Walau apapun yang akan terjadi pada ulanganku nanti pokoknya aku tidak aka menyontek ataupun bertanya.

30 menit sudah berlalu tidak ada satupun soal yang dapat aku kerjakan. Oh My God apa salahku, apa dosa-dosaku, dan apakah mungkin aku terlalu tampan ya allah. Makanya aku pusing dengan soal-soal ini, loh apa hubungannya dengan tampang.? Apa yang harus aku lalukan, kertas coretan aja masih kosong. Padahal kertas coretannya juga dikumpul, aduh gimana nih?. Masa iya , untuk bikin coret-coretan aja aku harus berpikir untuk nyontek juga, hem gak lucu bangetkan jadinya. Ah, guru matematikanya sih aneh-aneh masa iya coretannya juga harus dikumpul. Itukan masalah besar buat orang yang kayak aku. Mau ngisi aja bingung apa lagi mikir mau makai kertas coret-coretan. Kalau coret-coretan yang absurd sih gampang, tapi inikan ceritanya coret-coretan lagi menghitung untuk menjawab soal. Mana mungkin bisa dikarang. Apa perlu aku tulis angka 1 sampe 1000 aja ya. Ah pusing, mana waktunya tinggal 25 menit lagi. Heem gak ada waktu buat ngeluh lagi, ayo berjuang zaie. Semangat, semanagat, semanagat.

Tettttttttttttt, waktunya habis. Ye ye ye selesaaaai. Alhamdulillah penderitaanku sudah berakhir. Kelihatanya cuman kertas coretanku aja yang masih sangat rapi. Dan juga cuman punyaku aja, yang coretan angka-angkanya sangat rapi. Dasar , apa yang mereka pikirkan, seharusnya dalam kondisi apapun tulisan itu harus tetap rapi, kayak punyaku ini. Entah apa hasilnya nanti yang penting aku sudah berjuang keras. Selanjutnya B.indonesia. rasanya aku mau cepat pulang, mau cepat-cepat merendamkan tubuhku dijeding kamar mandi. Akhirnya selasai juga, untuk pelajaran yang seperti yang satu ini sih aku gak perlu mikir dan nguras tenaga. Dan waktunya merealisasikan semua yang tadi aku pikirkan disekolah yaitu berendam dijeding. Ah, segernya bukan main. Der, der, der. Oh siapa sih yang nganggu orang lagi berendam.

“Ada apa sih..?

“Ada apa, ada apa..?, cepat keluar dan jangan lupa kuras tu air jading, yang kamu pakai buat berendam.

Lah, kok mbakku tahu sih lau aku lagi berendam, hem aneh banget. Masa iya semua air ini mau dibuang kan mubajir. Mending juga dipakai lagi. Ah gak apapa inikan keinginan mbakku. Jadi gak masalah juga sih. Setelah selesai menguras jeding yang aggak melelahkan, akupun kembali kekamar buat belajar.

Besok pagi matapelajaran Biologi dan kesenian, kayaknya yang ini lebih mudah dari pada metematika. Kring, kring (suara sms, hem pasti dikira bunyi bel sepeda ontel. Ya kan?). sms dari Aldi. Hem kurang kerjaan amat nih orang, malam-malam gin sms aku. Ah mending aku telpon aja dah.

“hallo die..!, ada apa sms gua malam-malam..?

“enggak zaie, gue cuman mau bilang. Tolong kerja samanya besok. Ya boleh kan?

“ah, apa? Kerja sama?, kerja sama buat apa sih die..?

“ah, loe masa gak tau gue sih. Maksudnya kasih tau gue pas waktu ulangan biolgi besok, ya ya ya, boleh kan..?

“insyaallah kalau gua bisa.!, udah dulu ya gua mau lanjutin baca buku dulu..!

Hem, aldi cuman bisa menambah beban buatku saja, gimana sih masa iya dia nyuruh aku buat belajar sedangkan dia cuman mengharapkan apa yang dapat aku kasih buat dia besok. Sebenarnya aku mau nolak cuman aku gak enak, nanti dia mikir yang aneh-aneh. Ah menjengkelkan. Coba aja diIndonesia ini ada 10 orang saja kayak dia mungkin ni Negara kita tercinta gak bal maju-maju atau bahkan hancur karena pada males semua. Huh moga aja cuman dia aja yang kyak gini diIndonesia ini.

Hari ulangan semester kedua, pagi ini yang diujikan pertama kali biologi, sebagai mana permintaan aldie tadi malam, dia jadi nyegir-nyegir gak jelas gitu padaku. Huek rasanya jadi pengan muntah aja.

“gimana zaie…?

“Apanya yang gimana…?

“Masa pagi kayak gini udah mau main lupa-lupaan sih…!

“Hem, iya iya. Tapi aku gak janji, soalnya kemungkinannya sangat kecil. Walaupun kamu duduk tepat dibelakang aku, namun peluang aku bakal nenguk kebelakang sangat kecil. Jadi jangan terlalu berharap. Oke, nih aku pinjamin buku. Belajar sediri aja dulu ya dan yang rajin oke. Dah aku mau beli air minum dulu. Belum samapi didepan pintu, aku langsung berbalik badan fdan mengambil buku yang ada pada die.

“loh, kok balik lagi zaie…?

“Pengawasnya datang…!

“Ja jadi aku gimana belum juga semapat baca, masa iya sih pengawasnya udah datang. Aduh gimana nih zaie..!

“Hem gak tau, kok mlah nanya keaaku, emangnya tadi malam kamu gak belajar.?

“eggak..!!!

Aku bukannya mau bermaksud jahat, dengan gak mau memberikan dia contekan , eh tapi nyontekin malah yang bisa disebut perbuatan jahat karena membuat orang tidak mau berjuang. Jadinya aku gak jahat karena gak nyontekin dia hahahahah( Tertawa Puas ). Tapi tetap aja aku merasa gak enak. Aku kan udah terlanjur membuat dia berharap. Tapi setidaknya pada matapelajaran ini dia benar-benar memaikai otaknya.

6 hari sudah berlalu, besok hari terakhir kami ulangan. Waktu yang singkat ini harus aku manfaatkan dengan baik. Besok B.inggris akan diulangkan sebagai matapelajaran terakhir, semoga aja sukses walaupun aku gak hebat-hebat amat di bidang bahasa asing tapi, kayanya kosakata yang sudah aku hafal akan sedikit membantu deh. Dan besok juga hasil dari beberapa matapelajaran akan dibagikan. Yang paling aku takuti adalah melihat hasil dari matematika, males bangetkan kalau mengetahui nilai dari matapelajaran yang matimatian loe pelajarin, tapi hasilnya malah jelek atau bahkan gak jelek-jelek amat namun nilainya paling rendah diantara teman-temn loe. Sakit tau gak kalu hal itu beneran terjadi, apalagi kalau terjadi dihidup aku. Jam udah nujukin pukul 22:00, tapi aku belum ngantuk juga, ah gimana nih pokoknya gue harus bisa tidur biar besok agak lebih fresh dan siap menerima apapun hasil dari matapelajaran yang telah diujikan.

Kringggggg, bunyi apaan ni sih, berisik amat. Ah sudah jam berapa hah 6:00, aaaaaaaapa aku kesiangan.

“Mbhakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk..!

“Apa, sih? Jam segini teriak, teriak emang kamu pikir kita hidup dihutan.?

“eh, maaf. Kenapa gak bangunin aku..?

“bangunin kamu, buat apa?, emangya kamu mau sholat tahajud atau semacamnya..?

“engak, masa iya jam 6 pagi mau sholat tahajud,?

“Terus buat apa..?

“Kok nyanya lagi sih, inikan udah pagi. Aku harus sekolah. Tapi malah gak dibangunin. Aku rencananya mau berangkat kesekolah jam 6:00 tapi malah bangunnya yang jam 6:00 gimana dong..?

“masa iya udah jam 6:00 dikamar mbak baru jam 04:30, kok..!

“Masa iya sih..?, mana coba aku lihat, ah untung saja (hoh, hampir saja).

“Ya udah kamu gak usah tidur lagi, mandi terus belajar lagi.

“Iya.!

Ah , aku kaget setengah mati. Apalah jadinya hidupku kalau aku beneran kesiangan. Mandi sudah, lanjut belajar dulu. Enggak terlalu lama kau belajar adzan subuh sudah berkumandang dengan indahnya bersumber dari masjid yang letaknya tidak terlalu jauh dari rumahku. Karena dekat dan mumpung bangunnya agak pagian aku putuskan aja buat ikut sholat subuh berjama’ah di masjid, Akupun meminta ijin kepada mbakku untuk pergi kemasjid. Terasa sangat menusuk udara dipagi hari, rasanya tulang punggungku membeku. Hem pada kemana nih manusia, kok cuman sedikit sih orang yang mengikuti sholat subuh berjam’ah dimasjid ini. Hufft mungkin karena udaranya sangat lembab dan dingin atau mungkin lagi lagi lagi?. Hehe yang warna merah itu disensor ya, kemungkinannya bersisa ya, mungkin karena dingin yang sangat luar biasa, makanya sedikit yang mau keluar rumah. Bahkan untuk sholat aja gak mau. Padahalkan gahk seberapa dingin yang kita rasakan kalau dibandingkan dengan pahala sholat subuh berjama’ah yang allah janjikan kepada kita.

Subhanallah sangatlah merdu suara imam tadi itu, moga aja senandung senandung yang beliau bacakan tadi dapat membuat hatiku tenang dan dapat melalui ujian semester terakhirku pada hari ini. Selesai sholat subuh aku langsung pulang kerumah dan melanjutkan membaca buku yang tadi sempat tertunda, setelah selesai belajar. Akupun langsung menggenakan seragamku dan langsung berangkat menuju sekolah. Niat untuk berangkat sekolah jam 06:00 akhirnya terlaksanakan. Semua berjalan lancer, moga aja membawa pertanda baik bagiku dan nilai-nilaiku nanti.

Aku tiba disekolah tepat jam 06:30, mungkin waktu 30 menit agak terlalu lama. Tapi, akukan berjalan kaki jadi waktu segitu tidak begitu terasa lama bagiku. Para siswa sudah berhambur ruah disana sini, menggerumbunin guru mata pelajaran yang bersangkutan, mungkin mereka berfikir dengan melakukan hal itu mereka akan diberikan bocoran soal. Hem, Enggak, enggak mungkin guys Mana ada guru yang mau ngasih bocoran soal gratisan. Huft, euts maksudnya mana ada guru yang mau ngasih bocoran soal yang dia buat dengan susah-susah. He he itu maksudku.

Tiba tiba bapak kepala sekolah keluar dari kantornya sambil membawa pengeras suara (Toa), dan meneriaki para murid yang lagi menggeerumbunin guru b.inggris. hehe terus pak marahin mereka, mereka emang nakal pak. Hahaha sudah ane bilang jagan melukan hal kayak gitu. Hahahaha wkwkwkw.

“Ayo semua pada masuk ruangannya masing-masing…! (Suara Kepala Sekolah)

Hem, akhirnya suasana seperti suasana demo seketika hilang setelah suara kepala sekolahku yang kepalanya agak sedikit botak terdengar dengan lantang dipenjuru sekolah. Bel masuk pertamapun berbunyi memecah keheningan yang sempat tercipta beberapa saat, setelah kemurkaan KEPSEK kami., dan itu artinya waktu ujian sudah dimulai. Semua siswa sudah terlihat tengang padahalkan pengawas baru juga sampai. Setelah pengawas membagikan kertas ulangan akupun langsung mengisi bagian identisa terlebih dahulu. Dan berlanjut membaca soal juga juga sebelumnya sudah pengawas bagikan. Hem benarkan apa yang aku firasatkan tadi malam, soal B.Inggris itu gak bakal jauh dari kosa Kata yang kemmaren-kemaren guru kami suruh hafal. Akhirnya wajah teman-teman diruanganku berubah yang tadinya murung menjadi bersinar-sinar, karena mungki mereka sedikit banyaknya masih mengikat kosa kata yang dulu mereka hafal. (Selamat ya teman-teman sukses heheh). Yang lain pada bercahaya wajahnya, tapi tidak untuk aldie. Dia malah kelihatan sangat pusing dang mungkin bingung. Ya jelaslah kamu bingung die, kamu kan gak pernah nyetor hafalan (Ucapku dalah hati). Ah akhirnya selesai.

“Hem, sangat mudahya soal B.Inggris tadi, sama persis dengan apa yanga dulu Mis Elda suruh hafal.! (Ucap Rudi, walaupun tidak satu kelas tapi kami agak akrab)

“Iya, rud betul banget.!

selanjutnya SBK, SBK sama halnya dengan Mata Pelajaran sebelumnya berjalan snagat lancar, bahkan ada siswa yang sudah keluar. Padahalkan waktu ulangan baru berjalan 30 menit. Tapi emang aku akui sih soalnya sangat mudah, akupun sudah selesai dan keluar sebagai orang ke-4 tercepat selesai mengerjakan soal ulangan SBK. Hah semua sudah selesai tinggal menuggu hasilnya saja.



Ulangan diSMP emng barlangsung tidak terlalu lama, cuman membutuhkan waktu satu minggu aja cukup. Berbeda dengan Madrasah Tsanawiyah mungkin akan lebih lama, walaupun juga gak terlalu berbeda jauh. Karena, diMTS itu pelajaran agamanya lebih dikhususkan. Contoh diSMP ada pelajaran agamakan, Di MTS bukan agama. Tapi, ada bagian-bagiannya lagi agama itu bercabang menjadi seperti Akidah Ahklak, Sejarah Kemudayaan Islam, Bahasa Arab, dan Masih banyak lagi. Dan bukan berarti diMTS gak ada pelajaran umumnya. Mereka dapat double, umum dan agama kerenkan.

}selesai{

Cerpen Ulangan Semester